Lifestyle

15 Model Seragam Orang Tua Pengantin Modern

15 Model Seragam Orang Tua Pengantin Modern

Seragam orang tua pengantin modern merupakan salah satu hal yang penting dalam acara pernikahan. Dengan menggunakan seragam dalam acara pernikahan tersebut maka kedua pengantin beserta kedua belah pihak orang tua akan tampak serasi berdampingan.

Selain itu, dalam pernikahan juga bukan hanya kedua pengantin saja harus tampil cantik dan menawan, melainkan juga orang tua dari kedua mempelai harus tampil dengan cantik dan anggun dalam acara pernikahan anaknya. Karena itulah dibuat baju seragam keluarga untuk acara lamaran hingga pernikahan, terlebih untuk para ibu dari kedua mempelai.

Sebenarnya, seragam keluarga tidak hanya diperuntukan bagi orang tua saja, namun juga dapat digunakan untuk kerabat pengantin, seperti bibi, paman, sepupu, ataupun keponakan dari kedua mempelai pengantin.

Tips Memilih Seragam

Pemilihan seragam untuk orang tua pengantin tentunya tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti apakah model bajunya cocok dengan orang tua atau tidak, warnanya juga cocok atau tidak, dan lain sebagainya.

Demi menghindari masalah tersebut, terdapat beberapa tips untuk memilih seragam orang tua pengantin modern yang sebaiknya dilakukan. Nah, berikut ini adalah beberapa tipsnya yang dapat dilakukan:

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih model seragam untuk orang tua adalah melakukan riset terlebih dahulu. Hal ini penting karena agar Anda bisa memperoleh banyak referensi terkait material atau bahan baju, jahitannya, model yang sedang tren supaya seragam yang didapatkan hasilnya maksimal dan sesuai dengan yang dibayangkan.

Anda perlu mencari tahu tentang model seragam yang sedang banyak digunakan oleh orang tua zaman sekarang. Pastinya banyak sekali model yang tersedia. Akan tetapi tidak semua model tersebut pastinya akan cocok dengan orang tua Anda. Perhatikan juga bahan yang digunakan, pilihlah pakaian yang sekiranya nyaman ketika digunakan oleh orang tua.

2. Menentukan Dress Code

Dalam menggunakan seragam pernikahan juga tidak boleh sembarangan, melainkan harus sesuai dengan tema pernikahan yang diusung. Hal ini agar seragam yang dipakai pas, cocok dan tampak serasi dengan konsep pernikahan.

Jika menggunakan seragam yang berbeda dan berlawanan dengan tema pernikahan maka akan terlihat aneh dan tidak cocok. Karena itu penting untuk menetapkan dress code terlebih dahulu sebelum menentukan seragam.

3. Membuat Seragam yang Sama

Seragam orang tua pengantin modern juga harus disamakan antara keluarga kedua pengantin, terutama untuk kedua orang tua. Anda dapat menyamakan pakaian ibu maupun bapak dari kedua pengantin dengan baju dan warna yang sama.

Hal ini untuk mencegah terjadinya kecemburuan antara orang tua. Selain itu, seragam yang sama pasti akan terlihat kompak dan serasi. Saat difoto sebagai kenang-kenangan pun hasilnya akan bagus.

4. Membeli atau Menyewa

Seragam orang tua dan keluarga pengantin bisa Anda dapatkan dengan membeli atau menjahitkan sendiri. Akan tetapi kedua hal tersebut pastinya akan menambah biaya yang banyak, apalagi jika menjahitkan sendiri. Dimana berarti Anda harus membayar untuk membeli bahan dan membayar lagi untuk menjahitkannya.

Untuk lebih simple dan menghemat uang maka Anda dapat menyewa baju seragam. Menyewa baju ini  dapat dilakukan pada tempat sewa baju pengantin atau menyewa melalui salon yang biasanya juga menyediakan pakaian untuk keperluan pernikahan.

5. Menanyakan Pendapat Orang Tua Terlebih Dahulu

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menanyakan pendapat tentang baju seragam orang tua pengantin modern yang telah didapatkan kepada orang tua kedua mempelai. Anda juga dapat meminta pendapat mereka tentang seragam dengan model seperti apa yang ingin mereka pakai.

Dengan menanyakan seperti ini maka seragam yang yang diperoleh pastinya membuat kedua orang tua senang menggunakan seragam tersebut. Selain itu juga dapat mempertimbangkan apakah akan ditambah beberapa aksesoris atau tidak.

Setelah mengetahui berbagai tips untuk memilih seragam orang tua dalam pernikahan di atas, maka selanjutnya hal yang seharusnya Anda lakukan yaitu memilih dan menentukan model seragam yang akan digunakan. Pakaian untuk orang tua ini pun memiliki banyak sekali model dan jenis.

Model Seragam Orang Tua Pengantin Modern

Dari banyaknya model tersebut Anda harus menentukan salah satu model seragam orang tua pengantin modern yang akan digunakan oleh orang tua, seperti yang dilakukan mas juanda kepada orang tuanya. Nah, berikut ini adalah beberapa model yang dapat menjadi inspirasi seragam orang tua:

1. Model Kebaya Kutu Baru

Model pertama yaitu model kebaya kutu baru. Kutu baru memiliki model yang unik dan berbeda dari kebaya lainnya. Selain itu juga pakaiannya simple namun cantik dengan panjang yang hanya mencapai pinggang hingga paha saja.

Untuk menambah daya tarik pemakainya pakaian kutu baru dapat dilengkapi dengan kain yang dililitkan di bagian pinggang yang akan membuat penampilannya menjadi lebih modern. Di samping itu pakaian yang digunakan oleh orang tua laki-laki dapat menggunakan seperti beskap dengan warna yang disesuaikan dengan warna kebaya.

2. Gamis Brokat

Model seragam orang tua pengantin modern selanjutnya yaitu menggunakan gamis brokat. Pakaian gamis ini memiliki model yang panjang dan terbuat dari bahan brokat timbul, dimana dijahit seperti gamis. Dengan menggunakan model ini maka orang tua akan tampak modis dan tetap syari.

3. Kebaya Kaftan

Kebaya kaftan yaitu kebaya yang terbuat dari bahan satin atau silk yang bentuknya menyerupai jubah panjang dengan bagian lengan yang lebar. Sebagai tambahan agar lebih menarik juga dapat menggunakan outer cape yang terbuat dari bahan brokat, yang akan menjadikan tampilan menjadi lebih modern.

4. Kebaya Bordir

Pakaian ini memiliki desain seperti tunik dengan panjang selutut dan dilengkapi dengan rok. Kebaya bordir terlihat ramai dengan bordiran bunga yang terdapat di beberapa bagian baju. Selain itu juga ditambahkan aksesoris seperti payet yang ditempel di beberapa bagian. Baju ini cocok untuk orang tua yang menyukai baju ramai akan aksesoris.

5. Gaun A-line

Model seragam orang tua pengantin modern selanjutnya yaitu  menggunakan gaun A-line dari bahan organza. Bahan organza terbuat dari campuran nilon dan polyester yang menghasilkan kain yang memiliki tekstur yang mengkilap dan cenderung kaku.

Gaun A-line ini memiliki potongan lengan tiga perempat dan memiliki panjang hingga mata kaki. Gaun ini akan membuat orang tua terlihat lebih muda dan menawan.

6. Kebaya dengan Selendang

Sebagian orang tua mungkin lebih menyukai pakaian yang sederhana namun anggun, maka model kebaya dengan selendang ini cocok untuk mereka. Kebayanya hanya didesain seperti biasa dengan bahan brokat dan bawahan berupa kain batik dan ditambah dengan selendang yang disampirkan ke bahu.

Orang tua laki-laki dapat menggunakan baju sejenis beskap dengan warna yang disesuaikan dengan warna kebaya.

7. Kebaya Modern dengan Kain Daerah

Model seragam orang tua pengantin modern selanjutnya yaitu menggunakan kebaya modern yang dipadukan dengan kain daerah. Kebayanya dapat terbuat dari brokat yang dilapisi furing dan menggunakan kain daerah sebagai bawahannya seperti kain batik, songket, atau ulos.

8. Qipao dengan Detail Bordir

Bagi orang tua pengantin yang berasal dari keturunan Tionghoa, maka model ini dapat menjadi pilihan utama. Baju yang didesain dengan bordiran khas Chinese ini akan membuat orang tua pengantin terlihat anggun dan cantik.

9. Kebaya Panjang Warna Putih

Kebaya ini terbuat dari bahan brokat berwarna putih yang panjangnya sampai betis. Untuk bawahannya dapat menggunakan kain batik. Sedangkan untuk orang tua laki-laki dapat menggunakan beskap putih dan bawahan kain batik cokelat.

10. Gaun Modern

Model seragam orang tua pengantin modern juga dapat menggunakan model gaun yang panjang yang nantinya akan membuat orang tua tampak cantik. Asalkan gaunnya berbeda dengan gaun dari pengantin wanita. Sedangkan untuk orang tua laki-laki dapat menggunakan setelan jas.

11. Kebaya Dengan Kain Songket

Kebaya yang terbuat dari kain brokat dilengkapi dengan bawahan berupa kain songket akan membuat tampilan terlihat mewah ditambah dengan selendang yang senada dengan kain bawahan akan membuat pemakainya tampak cantik. Serta setelan jas untuk orang tua laki-laki.

12. Gaun Dengan Bahan Seperti Brokat

Model seragam orang tua pengantin modern selanjutnya dapat menggunakan gaun yang memiliki bahan seperti brokat, sehingga terlihat seperti memakai kebaya dengan model yang jauh lebih modern.

13. Gamis Biasa

Gamis dengan bahan biasa  juga dapat digunakan oleh orang tua dalam acara pernikahan. Gunakan gamis dengan model yang sederhana namun bagus dan seragamkan warnanya. Saat memakainya orang tua akan terlihat sederhana tetapi tetap cantik dan anggun.

14. Kutubaru Motif Bunga

Pakaian kutubaru motif bunga juga cocok digunakan oleh orang tua. Bawahannya dapat menggunakan kain batik dan untuk orang tua laki-laki dapat menggunakan beskap.

15. Kebaya Seperti Tunik

Model seragam orang tua pengantin modern yang terakhir yaitu menggunakan kebaya dengan model seperti tunik yang tidak memiliki kancing dan panjangnya hingga lutut. Untuk bawahan dapat menggunakan kain batik dengan warna yang senada.